Pembelajaran Terkait Dengan Uang

Berbicara masalah uang tentunya bukan hal asing lagi. Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita tidak bisa terlepas dengan yang namanya uang. Apalagi yang namanya anak Sekolah Dasar (SD) uang merupakan hal wajib yang harus dipenuhi dalam setiap waktu, mulai dari uang saku sekolah, ataupun uang jajan ketika di rumah. Ada orang jualan keliling, dengar suaranya saja langsung “maaa.... minta uang untuk beli itu.”

Siswa sebagai  kasir
Nah... dalam pembelajaran di SD, materi pelajaran terkait dengan uang ada di kelas 3, yang mana siswa dihadapkan dengan materi yang berkaitan dengan uang. Dalam pembelajaran ini, siswa diminta untuk menghitung berapa uang yang harus dikeluarkan ketika membeli sejumlah barang, serta menghitung uang kembaliannya.

Dalam pembelajaran kali ini, pembelajaran kita setting semacam pasar yang terdiri atas beberapa toko, mulai dari toko elektronik, toko sembako, toko alat tulis, dan toko pakaian. Dalam pertemuan sebelumnya kita bagi siswa menjadi empat kelompok tersebut, dan di rumah nantinya masing-masing kelompok diminta untuk mempersiapkan barang yang akan dijualnya, dengan cara menggambarnya pada kertas yang disertai dengan label harga, serta dipersiapkan juga untuk transaksi jual beli.

Di dalam kelas, masing-masing anggota kelompok kita bagi menjadi 3 peran, yaitu kasir, pramuniaga, serta pembeli yang nantinya keliling dari toko satu ke toko yang lain untuk melakukan transaksi jual beli, dan masing-masing peran ini nantinya akan dilakukan secara bergantian. Sebenarnya, inti dari pembelajaran ini adalah pada kasir, bagaimana siswa nantinya bisa menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan uang. Pada kasir kita siapkan nota penjualan, yang nantinya barang yang dibeli ditulis pada nota tersebut, serta berapa jumlah total uang yang harus dibayar pembeli dan apakah ada uang kembalian yang harus dikembalikan pada pembeli.

Penulis : Bakhrul Ulum ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pembelajaran Terkait Dengan Uang ini dipublish oleh Bakhrul Ulum pada hari Friday 12 January 2018. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pembelajaran Terkait Dengan Uang
 

0 comments:

Post a Comment